Chart Live

Pendidikan Karakter

18 Nilai Karakter
1. Religious
2. Jujur
3. Toleransi
4. Disiplin
5. Kerja keras
6. Kreatif
7. Mandiri
8. Demokratis
9. Rasa ingin tahu
10. Semangat kebangsaan
11. Cinta tanah air
12. Menghargai prestasi
13. Bersahabat/komunikatif
14. Cinta damai
15. Gemar membaca
16. Peduli lingkungan
17. Peduli social
18. Tanggungjawab

Paradigma Pendidikan Karakter pada PAUDNI
1. Pendidikan karakter adalah upaya penanaman nilai dan sikap, bukan pengajaran, sehingga memerlukan pola pembelajaran fungsional
2. Pendidikan karakter menuntut pelaksanaan oleh 3 (tiga) pihak secara sinergis, yaitu: orang tua, satuan/lembaga pendidikan, dan masyarakat
3. Materi dan pola pembelajaran disesuaikan dengan pertumbuhan psikologis peserta didik
4. Materi pendidikan karakter berbasis kearifan local
5. Materi pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran lain Tahap dan Prioritas Pendidikan Karakter Bangsa Melalui PAUDNI

Tahap I: 2010-2014
Tahap II: 2015-2019
Tahap III: 2020-2024
Arah:
Mewujudkan peserta didik
dan PTK yg menyadari dan
meyakini kembali Pancasila
sebagai dasar pandangan
hidup bangsa

Arah:
Memantapkan peserta didik
dan PTK yg menjunjung etika
dan kemampuan tinggi dalam
memanifestasikan nilai-nilai
luhur budaya bangsa dalam
kehidupan sehari-hari

Arah:
Terwujudnya masy yang berketuhanan
YME, berkemanusiaan yang adil dan
beradab, berjiwa persatuan Indonesia,
berjiwa kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan dan perwakailan,
serta berkeadilan social bagi seluruh
rakyat Indonesia

Prioritas:
Reorientasi penumbuhan
kesadaran sikap dan
keyakinan pentingnya
penghayatan nilai-nilai
Pancasila sebagai falsafah
dan ideology Negara melalui
proses pembelajaran dan
pengembangan budaya
satuan pendidikan

Prioritas:
Pengokohan dan pemantapan
nilai etika dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara serta
kesadaran sikap dan
keyakinan pentingnya
penghayatan nilai-nilai
Pancasila


Prioritas:
Pengukuhan, pemantapan, dan
pembudayaan nilai etika dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara

Prioritas:
Penyusunan perangkat
kebijakan yang terpadu yang
berupa tersusunnya kembali
kurikulum berbasis ideology
Pancasila

Prioritas:
Pemantapan pengukuhan
kurikulum berbasis ideology
Pancasila yang terintegrasi
dalam setiap kelompok mata
pelajaran secara holistik

Prioritas:
Pemantapan pengukuhan kurikulum
berbasis ideology Pancasila yang
terintegrasi dalam setiap kelompok mata
pelajaran secara holistic

Prioritas:
Pelaksanaan perangkat
kebijakan agar dapat
melaksanakan pendidikan
karakter secara efektif
dengan memberdayakan
seluruh subyek yang terkait

Prioritas:
Pemantapan perangkat
kebijakan agar dapat
melaksanakan pendidikan
karakter secara lebih efektif

Prioritas:
Pembinaan perangkat kebijakan
pelaksanaan agar dapat melaksanakan
pendidikan karakter secara lebih efektif
sesuai dengan perubahan jaman

Prioritas:
Evaluasi pelaksanaan
pendidikan karakter bangsa
pada satuan pendidikan
Prioritas:
Monitoring dan evaluasi
pelaksanaan tahap I

Prioritas:
Monitoring dan evaluasi pelaksanaan
tahap II


Prioritas:
Evaluasi dan monitoring
pelaksanaan pendidikan
karakter bangsa pada satuan
pendidikan

Prioritas:
Evaluasi dan monitoring pelaksanaan
pendidikan karakter bangsa pada satuan
pendidikan



Prioritas:
Peningkatan ketahanan nasional bangsa
Indonesia dengan memupuk semangat
kesatuan dan persatuan, toleransi
antarumat beragama, antarsuku bangsa,
antarras, antaradat, dan menjunjung
tinggi kesetaraan gender atau
pengarusutamaan gender


http://perpustakaan.kemdiknas.go.id/download/Pendidikan%20Karakter.pdf

No comments:

Post a Comment