18 Nilai
Karakter
1. Religious
2. Jujur
3. Toleransi
4. Disiplin
5. Kerja keras
6. Kreatif
7. Mandiri
8. Demokratis
9. Rasa ingin
tahu
10. Semangat
kebangsaan
11. Cinta tanah
air
12. Menghargai
prestasi
13. Bersahabat/komunikatif
14. Cinta damai
15. Gemar
membaca
16. Peduli
lingkungan
17. Peduli
social
18. Tanggungjawab
Paradigma
Pendidikan Karakter pada PAUDNI
1. Pendidikan
karakter adalah upaya penanaman nilai dan sikap, bukan pengajaran, sehingga
memerlukan pola pembelajaran fungsional
2. Pendidikan
karakter menuntut pelaksanaan oleh 3 (tiga) pihak secara sinergis, yaitu: orang
tua, satuan/lembaga pendidikan, dan masyarakat
3. Materi dan
pola pembelajaran disesuaikan dengan pertumbuhan psikologis peserta didik
4. Materi
pendidikan karakter berbasis kearifan local
5. Materi
pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran lain Tahap dan
Prioritas Pendidikan Karakter Bangsa Melalui PAUDNI
Tahap
I: 2010-2014
|
Tahap
II: 2015-2019
|
Tahap
III: 2020-2024
|
Arah:
Mewujudkan
peserta didik
dan
PTK yg menyadari dan
meyakini
kembali Pancasila
sebagai
dasar pandangan
hidup
bangsa
|
Arah:
Memantapkan
peserta didik
dan
PTK yg menjunjung etika
dan
kemampuan tinggi dalam
memanifestasikan
nilai-nilai
luhur
budaya bangsa dalam
kehidupan
sehari-hari
|
Arah:
Terwujudnya
masy yang berketuhanan
YME,
berkemanusiaan yang adil dan
beradab,
berjiwa persatuan Indonesia,
berjiwa
kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmat
kebijaksanaan dalam
permusyawaratan
dan perwakailan,
serta
berkeadilan social bagi seluruh
rakyat
Indonesia
|
Prioritas:
Reorientasi
penumbuhan
kesadaran
sikap dan
keyakinan
pentingnya
penghayatan
nilai-nilai
Pancasila
sebagai falsafah
dan
ideology Negara melalui
proses
pembelajaran dan
pengembangan
budaya
satuan
pendidikan
|
Prioritas:
Pengokohan
dan pemantapan
nilai
etika dalam kehidupan
bermasyarakat,
berbangsa,
dan
bernegara serta
kesadaran
sikap dan
keyakinan
pentingnya
penghayatan
nilai-nilai
Pancasila
|
Prioritas:
Pengukuhan,
pemantapan, dan
pembudayaan
nilai etika dalam
kehidupan
bermasyarakat, berbangsa
dan
bernegara
|
Prioritas:
Penyusunan
perangkat
kebijakan
yang terpadu yang
berupa
tersusunnya kembali
kurikulum
berbasis ideology
Pancasila
|
Prioritas:
Pemantapan
pengukuhan
kurikulum
berbasis ideology
Pancasila
yang terintegrasi
dalam
setiap kelompok mata
pelajaran
secara holistik
|
Prioritas:
Pemantapan
pengukuhan kurikulum
berbasis
ideology Pancasila yang
terintegrasi
dalam setiap kelompok mata
pelajaran
secara holistic
|
Prioritas:
Pelaksanaan
perangkat
kebijakan
agar dapat
melaksanakan
pendidikan
karakter
secara efektif
dengan
memberdayakan
seluruh
subyek yang terkait
|
Prioritas:
Pemantapan
perangkat
kebijakan
agar dapat
melaksanakan
pendidikan
karakter
secara lebih efektif
|
Prioritas:
Pembinaan
perangkat kebijakan
pelaksanaan
agar dapat melaksanakan
pendidikan
karakter secara lebih efektif
sesuai
dengan perubahan jaman
|
Prioritas:
Evaluasi
pelaksanaan
pendidikan
karakter bangsa
pada
satuan pendidikan
|
Prioritas:
Monitoring
dan evaluasi
pelaksanaan
tahap I
|
Prioritas:
Monitoring
dan evaluasi pelaksanaan
tahap
II
|
|
Prioritas:
Evaluasi
dan monitoring
pelaksanaan
pendidikan
karakter
bangsa pada satuan
pendidikan
|
Prioritas:
Evaluasi
dan monitoring pelaksanaan
pendidikan
karakter bangsa pada satuan
pendidikan
|
|
|
Prioritas:
Peningkatan
ketahanan nasional bangsa
Indonesia
dengan memupuk semangat
kesatuan
dan persatuan, toleransi
antarumat
beragama, antarsuku bangsa,
antarras,
antaradat, dan menjunjung
tinggi
kesetaraan gender atau
pengarusutamaan gender
|
http://perpustakaan.kemdiknas.go.id/download/Pendidikan%20Karakter.pdf
No comments:
Post a Comment