Chart Live

Keubggulan Indikator MFI

Pemanggilan indikator MFI bisa dilakukan lebih cepat melalui keyboard. Namun sebelum mengijak kesana, Anda harus memahami indikator ini dulu. Kenapa? Katanya kalau tidak kenal maka tak sayang. Untuk itu, harus diketahui dulu nih fungsinya sebelum memangil si dia.. hihi..



Dalam bukunya “Trading Chaos” Bill Williams memperkenalkan metode beru. Saat itu belum berupa indikator, masih berupa rumus. Rumus yang telah diteliti dan dibuat oleh Bill adalah perbandingan antara harga tertinggi dan terendah dibagi volume harga saat ini.

Dalam rumus yang sederhanya MF = ( High – Low ) / VolumeIndikator teknik Money Flow Index, MFI menunjukkan efisiensi investasi uang dalam keamanan. Konstruksi dan interpretasinya mirip dengan Relative Strength Index, perbedaanya adalah MFI memperhatikan volume. Maksudnya pasar mengalami liquiditas yang tinggi dimana para trader jangka pendek maupun jangka panjang yang sedang bertransaksi dihitung secara langsung dalam jual beli.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya melihat titik jenuh dimana grafik indikator sudah berada di titik jenuh, baik oversold maupun overbough. Indikator ini mudah digunakan sama seperti dengan indikator titik jenuh lainnya, namun dibandingkan dengan indikator lain, MFI punya keunggulan karena bisa melihat dari volume liuqiditas market.

Nah sekarang bagaimana caranya memang dengan cepat indikator MFI ini? Anda cukup mengetik sebuah kata maka MFI bakal segera muncul. Caranya :

Ketik : Alt + I + I + V dan pilih indikator MFISangat mudah digunakan dalam menentukan area jenuh market. Yang penting jangan melawan trend atau open posisi sebelum titik jenuh berada. Jika harga berada di area garis 20 maka titik pembalikan harga untuk naik sangat besar, sebaliknya jika harga telah sampai pada garis 80 maka titik pembalikan untuk menurun semakin besar kemungkinannya.



KesimpulanMenggunakan indikator MFI akan sangat membantu trader dalam menemukan area jenuh market. Karena indikator MFI menghitung volume liquiditas pergerakan pasar, maka secara efektif dapat membantu mengurangi risiko kesalahan indikator. Namun bila terjadi kesalahan dalam open posisi, usahakan selalu melihat adanya trend, sehingga sederas arus apapun, transaksi tetap akan selamat.


Saran dan kritik yang membangun tetap kami harapkan untuk dapat menyajikan informasi umum lebih baik dan menarik untuk Anda baca dimasa yang akan datang. Sampaikan pendapat, pengalaman, cerita, saran, dan kritik Anda pada kotak post di bawah ini. 
(http://www.seputarforex.com)

Ame Suzako

No comments:

Post a Comment