Chart Live

Hakikat Anak Didik 2


3. Hakikat Anak Didik
a. Pengertian
Dalam pengertian umum, anak didik adalah setiap orang yang menerima
pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan
pendidikan.sedangkan dalam arti sempit anak didik adalah anak (pribadi yang belum
dewasa) yang di serahkan kepada tanggung jawab pendidik.33
Dalam bahasa Indonesia, makna siswa, murid, pelajar dan peserta didik
merupakan sinonim (persamaan), semuanya bermakna anak yang sedang berguru
(belajar dan bersekolah), anak yang swdang memperoleh pendidikan dasar dari sutu
lembaga pendidikan. Jadi dapat dikatakan bahwa anak didik merupakan semua orang
33 Sutari Imam Barnadib, Pengantar Ilmu Pendidikan, Sistematis, (Yogyakarta: FIP IKIP, 1986, h.
120; Ahmad D Marimba, op.cit, h. 58-59, Suwarno, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Aksara Baru,
1985), h. 67-68
33
yang sedang belajar, baik pada lembaga pendidikan secara formal maupun lembaga
pendidikan non formal.34
Anak didik adalah subjek utama dalam pendidikan. Dialah yang belajar setiap
saat. Belajar anak didik tidak mesti harus selalu berinteraksi dengan guru dalam
proses interaksi edukatif.
Tokoh-tokoh aliran behaviorisme beranggapan bahwa anak didik yang
melakukan aktivitas belajar seperti membaca buku, mendengarkan penjelasan guru,
mengarahkan pandangan kepada seorang guru yang menjelaskan di depan kelas,
termasuk dalam kategori belajar. Mereka tidak melihat ke dalam fenomena psikologis
anak didik. Aliran ini berpegang pada realitas dengan mata telanjang dengan
mengabaikan proses mental dengan segala perubahannya, sebagai akibat dari
aktivitas belajar tersebut. 35
Tetapi aliran kognitivisme mengatakan lain bahwa keberhasilan belajar itu
ditentukan oleh perubahan mentak dengan masuknya sejumlah kesan yang baru dan
pada akhirnya mempengaruhi perilaku. Berbeda dengan aliran behaviorisme yang
hanya melihat fenomena perilaku saja, aliran kognitivisme jauh melihat ke dalam
fenomena psikologis. 36
34 Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Fauzan MA, Pendidikan Dalam Perspektif Hadits, h. 248
35 Syaiful Bahri Djamarah., op.cit., h. 47
36 Ibid.


Maszanet.blogspot.com

PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP
PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMP YPI
CEMPAKA PUTIH BINTARO Oleh: Yusrina

No comments:

Post a Comment